Resep Ayam Goreng Mentega

Bahan-bahan:




  1. 1 ekor ayam (potong sesuai selera)

  2. 2 sendok makan kecap manis

  3. 1 sendok teh garam

  4. 1 sendok makan merica

  5. 2 sendok makan bawang putih cincang

  6. 2 sendok makan mentega

  7. 2 sendok makan minyak goreng

  8. 1 butir telur

  9. 150 gram tepung terigu

  10. 100 gram tepung beras

  11. 50 gram tepung maizena

  12. 200 ml air es



Cara Memasak:




1. Siapkan ayam yang telah dipotong sesuai selera. Lumuri ayam dengan kecap manis, garam, dan merica. Tambahkan bawang putih cincang, aduk rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.


2. Panaskan mentega dan minyak goreng di dalam wajan. Setelah itu, masukkan ayam yang telah dibumbui tadi. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


3. Siapkan adonan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan air es di dalam wadah. Aduk rata hingga adonan tidak menggumpal.


4. Celupkan ayam yang telah digoreng ke dalam adonan tepung hingga seluruh permukaan ayam terlapisi adonan. Lakukan hingga seluruh ayam terlapisi adonan tepung.


5. Goreng kembali ayam yang telah dilapisi adonan tepung hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


6. Dalam wajan yang sama, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan mentega dan aduk hingga mentega mencair. Tambahkan telur dan aduk kembali hingga tercampur rata.


7. Masukkan ayam goreng ke dalam wajan yang berisi saus mentega tadi. Aduk rata hingga seluruh permukaan ayam terlapisi saus mentega. Angkat dan sajikan.



Informasi Nutrisi:



Resep ayam goreng mentega ini mengandung 468 kalori, 28 gram protein, 32 gram karbohidrat, dan 24 gram lemak per porsi.


Ayam goreng mentega menjadi salah satu hidangan yang paling disukai di Indonesia. Dengan resep yang sederhana, hidangan ini bisa menjadi favorit keluarga Anda. Semoga resep ayam goreng mentega ini bermanfaat dan berhasil untuk Anda coba di rumah.


close