Resep Bolu Kampung

Bahan-bahan:



1. 300 gram tepung terigu protein rendah


2. 250 gram gula pasir


3. 8 butir telur


4. 1 sendok teh emulsifier


5. 1 sendok teh SP


6. 1 sendok teh baking powder


7. 1 sendok teh pasta vanila


8. 200 ml air matang


9. 1/4 sendok teh garam


10. 250 ml minyak goreng



Cara Membuat:



1. Siapkan loyang dengan ukuran sekitar 20x20 cm atau sesuai selera, olesi dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung terigu agar tidak lengket. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius.


2. Ayak tepung terigu, emulsifier, SP, baking powder, dan garam. Aduk rata dan sisihkan.


3. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi hingga putih berjejak dan mengembang. Tambahkan pasta vanila, aduk rata.


4. Masukkan campuran tepung terigu secara bertahap, sambil diayak dan diaduk perlahan hingga rata.


5. Tambahkan minyak goreng secara perlahan dan aduk rata. Terakhir, masukkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan rata. Jangan terlalu lama mengaduknya agar bolu tidak bantat.


6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Panggang selama 45-50 menit atau hingga matang. Cek dengan tusuk gigi, jika sudah tidak ada adonan yang menempel, bolu kampung sudah matang.


7. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong dan disajikan.



Nilai Gizi:



1. Kalori: 292 kalori per 100 gram


2. Protein: 5 gram


3. Lemak: 14 gram


4. Karbohidrat: 37 gram


5. Serat: 1 gram


6. Kalsium: 15 mg


7. Zat besi: 1 mg


Bolu kampung adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut serta sederhana membuat kue ini menjadi favorit banyak orang. Resep bolu kampung yang kami bagikan ini sangat mudah dan praktis. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.


Langkah pertama dalam membuat bolu kampung adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Pastikan semua bahan sudah tersedia dan dalam kondisi baik. Tepung terigu yang digunakan sebaiknya yang memiliki protein rendah agar hasil bolunya lebih lembut.


Setelah bahan-bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan. Caranya cukup mudah, kocok telur dan gula pasir hingga putih berjejak dan kental. Tambahkan pasta vanila dan aduk rata. Kemudian tambahkan campuran tepung terigu secara bertahap sambil diayak dan diaduk perlahan hingga rata.


Selanjutnya, masukkan minyak goreng sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata. Terakhir, masukkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan rata. Jangan terlalu lama mengaduknya agar bolu tidak bantat.


Setelah adonan siap, tuang ke dalam loyang dan panggang selama 45-50 menit atau hingga matang. Jangan lupa untuk mengecek kematangan bolu dengan tusuk gigi sebelum dikeluarkan dari oven.


Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong dan disajikan. Bolu kampung siap dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.


Bolu kampung memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Meskipun mengandung gula dan lemak, namun jika dikonsumsi dengan bijak dan seimbang, bolu kampung tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.


Cobalah resep bolu kampung ini di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga. Selamat mencoba!


close